Kesalahan Penggunaan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Narmada
DOI:
https://doi.org/10.29303/kopula.v4i1.2718Kata Kunci:
kesalahan berbahasa, penggunaan kalimat, teks eksposisiAbstrak
Masalah yang diuji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik sadap dan teknik catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode padan intralingual. Penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menemukan 52 kasus kesalahan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada yang meliputi: (1) 7 kalimat mengandung hipernim, 12 kalimat mengandung kesalahan konjungsi dengan rincian 5 kalimat menggunakan konjungsi koordinatif di awal kalimat, 6 kalimat menggunakan dua konjungsi subordinatif sekaligus, serta 1 kalimat menggunakan dua konjungsi antar kalimat, 7 kalimat menggunakan kata tidak baku, 3 kalimat menggunakan bentuk kata tidak tepat, 14 kalimat mengandung kemubaziran preposisi dan kata dengan rincian 2 kalimat mengandung kemubaziran preposisi serta 12 kalimat mengandung kemubaziran kata, 2 kalimat mengandung bahasa asing, 3 kalimat mengandung pleonasme, 2 kalimat dengan pengulangan subjek, 1 kalimat mengandung kesalahan dalam pemerincian, dan 1 kalimat memiliki subjek ganda.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).