Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Teks Persuasif Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Rahmawati Rahmawati a:1:{s:5:"en_US";s:65:"3Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Mataram";}
  • Siti Rohana Hariana Univerisitas Mataram
  • Rahmat Hidayat Univerisitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v2i2.2733

Keywords:

kesalahan berbahasa, ejaan, teks persuasif

Abstract

Abstrak

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, metode observasi, teknik catat, dan metode dokumentasi. Data yang terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan instrumen penelitian. Penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menemukan 56 kasus kesalahan penulisan ejaan pada karangan teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram yang meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf berjumlah 29 kesalahan berupa kesalahan penggunaan huruf kapital atau huruf besar, (2) kesalahan penulisan kata berjumlah 15 kasus kesalahan berupa 4 kasus kesalahan penulisan kata berimbuhan, 3 kasus kesalahan penulisan kata depan, 1 kasus kesalahan penulisan singkatan dan akronim, dan 3 kasus kesalahan penulisan bentuk ulang, dan (3) kesalahan pemakaian tanda baca berjumlah 11 kasus kesalahan berupa 9 kasus kesalahan pemakaian tanda titik (.), dan 1 kasus kesalahan pemakaian tanda koma (,).

Downloads

Published

2020-10-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Teks Persuasif Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. (2020). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 2(2), 18-28. https://doi.org/10.29303/kopula.v2i2.2733

Most read articles by the same author(s)