Kemampuan Menulis Teks Fabel Aspek Kaidah Kebahasaan dan Penggunaan Kalimat Langsung pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Masbagik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v3i1.2693

Keywords:

kaidah kebahasaan, kalimat langsung, kemampuan, menulis, teks fabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam teks fabel yaitu (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks fabel dalam aspek kaidah kebahasaan serta (2) mendeskripsikan kemampuan menggunakan kalimat langsung dalam teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu hasilnya berupa deskripsi kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik memperoleh nilai rata-rata 63,72 dalam aspek kaidah kebahasaan. Pada aspek penggunaan kalimat langsung memperoleh nilai rata-rata 51. Kemudian hasil menulis teks fabel secara keseluruhan dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai sempurna atau kategori sangat mampu (A) adalah 5 siswa dengan 1 siswa memperoleh nilai 100 dan 4 siswa lainnya memperoleh nilai 87,5. Jumlah siswa yang memperoleh nilai  kategori mampu (B) adalah 9 siswa dengan nilai 75. Jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori cukup mampu (C) adalah 2 siswa dengan nilai 62,5. Kemudian jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori kurang mampu (D) adalah sebanyak 9 siswa dengan 5 siswa mendapat nilai 50, 3 siswa mendapat nilai 37,5, dan 1 orang mendapat nilai 25. Adapun total nilai keseluruhan siswa 1637, perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis teks fabel siswa dengan kaidah kebahasaan dan penggunaan kalimat langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik adalah 65,48.

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kemampuan Menulis Teks Fabel Aspek Kaidah Kebahasaan dan Penggunaan Kalimat Langsung pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Masbagik. (2021). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 3(1), 41-51. https://doi.org/10.29303/kopula.v3i1.2693

Most read articles by the same author(s)