Kesalahan Penggunaan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Narmada

Authors

  • Idayani Safitri a:1:{s:5:"en_US";s:19:"UNIVERSITAS MATARAM";}
  • Mahsun Mahsun University of Mataram image/svg+xml
  • Rahmat Hidayat University of Mataram image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v4i1.2718

Keywords:

kesalahan berbahasa, penggunaan kalimat, teks eksposisi

Abstract

Masalah yang diuji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik sadap dan teknik catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode padan intralingual. Penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menemukan 52 kasus kesalahan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada yang meliputi: (1) 7 kalimat mengandung hipernim, 12 kalimat mengandung kesalahan konjungsi dengan rincian 5 kalimat menggunakan konjungsi koordinatif di awal kalimat, 6 kalimat menggunakan dua konjungsi subordinatif sekaligus, serta 1 kalimat menggunakan dua konjungsi antar kalimat, 7 kalimat menggunakan kata tidak baku, 3 kalimat menggunakan bentuk kata tidak tepat, 14 kalimat mengandung kemubaziran preposisi dan kata dengan rincian 2 kalimat mengandung kemubaziran preposisi serta 12 kalimat mengandung kemubaziran kata, 2 kalimat mengandung bahasa asing, 3 kalimat mengandung pleonasme, 2 kalimat dengan pengulangan subjek, 1 kalimat mengandung kesalahan dalam pemerincian, dan 1 kalimat memiliki subjek ganda.

Downloads

Published

2022-03-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kesalahan Penggunaan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Narmada. (2022). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 4(1), 12-21. https://doi.org/10.29303/kopula.v4i1.2718

Most read articles by the same author(s)