DEVELOPING UMKM THROUGH DIGITAL MARKETING IN NTOBO VILLAGE
DOI:
https://doi.org/10.29303/wicara.v3i1.6908Kata Kunci:
Kelurahan Ntobo, Pengembangan, UMKM, Digital Marketing, KKNAbstrak
Kelurahan Ntobo, yang terletak di Kecamatan Raba, Kota Bima, merupakan sebuah kawasan yang menarik dengan kondisi ekonomi yang beragam. Salah satu aspek utama dari ekonomi kawasan ini adalah industri tenun kreatif yang menjadi tulang punggung bagi banyak keluarga di daerah tersebut dan berbagi jenis UMKM, seperti kerajinan kuliner, dan perdagangan yang berkembang di daerah ini. Namun, dalam pemasaran Kelurahan Ntobo masih mengandalkan metode tradisonal. Hal ini yang menyebabkan jangkauan pemasaran UMKM menjadi terbatas dan kurang efektif dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh karena itu kelompok KKN Kelurahan Ntobo mencoba memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi pada kelurahan tersebut. Adapun solusi yang kami tawarkan yaitu pengembangan dan penyuluhan UMKM melalui Digital Marketing melalui kegiatan pemasaran konten, workshop, edukasi dan seminar dan turut serta kegiatan lain yaitu peningkatan SDM dan kegiatan lainnya.
Referensi
Arifin, M., & Anwar, M. (2021). "Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Indonesia." Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 19(2), 123-135.
Aulia, N. (2021). Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Digital. Jakarta: Penerbit Andi.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Profil UMKM Indonesia 2023. BPS.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson Education.
Dinas Perdagangan Kota Bima. (2022). Laporan Kondisi UMKM dan Digitalisasi di Kota Bima. Dinas Perdagangan Kota Bima.
Google. (2023). "Panduan Lengkap untuk Pengiklanan Digital di Google Ads." Retrieved from https://support.google.com/google-ads/
Hasan, A., & Salim, A. (2022). "Peran Media Sosial dalam Pemasaran UMKM di Daerah Pedesaan." Proceedings of the International Conference on Digital Marketing, 77-89.
Hootsuite. (2024). "Panduan Pemula untuk Media Sosial untuk Bisnis." Retrieved from https://blog.hootsuite.com/social-media-for-business/
HubSpot. (2023). "Cara Membuat Strategi Konten Digital untuk UMKM." Retrieved from https://blog.hubspot.com/content-strategy
Irmansyah, D. (2022). Strategi Digital Marketing bagi UMKM di Kawasan Perkotaan. Yogyakarta: Penerbit Laksana.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan UMKM dan Digitalisasi 2022. Kementerian Koperasi dan UKM.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Mulyani, S., & Nugroho, Y. (2020). "Strategi Pemasaran Digital UMKM: Studi Kasus pada Usaha Kecil di Yogyakarta." Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 45-58.
Naufal, A. (2019). Digital Marketing dan Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan UMKM di Indonesia. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Pemerintah Kota Bima. (2023). Strategi Pengembangan UMKM di Kota Bima. Pemerintah Kota Bima.
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. Sage Publications.