DATA POTENSI DAN INOVASI PENGEMBANGAN PRODUK GULA MERAH DI DESA KARANG BAYAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.29303/wicara.v3i1.6796Kata Kunci:
Petani Aren, Digital Marketing, Produk Gula ArenAbstrak
Desa Karang Bayan memiliki potensi yang sangat besar pada sektor pertanian dengan komoditas utama yaitu aren. Namun, harga gula aren yang tidak stabil dan target pasar yang belum luas mengakibatkan para petani aren di Desa Karang Bayan tidak mendapatkan penghasilan yang mencukupi terutama ketika harga gula aren sedang turun. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan petani aren mengenai proses pengemasan yang menarik serta strategi pemasaran produk secara digital, sehingga harga gula aren menjadi stabil dan memiliki target pasar yang luas. Program pada kegiatan ini yaitu pendataan potensi petani gula merah, pelatihan pembuatan gula aren berbentuk permen sekaligus pengemasan, dan sosialisasi terkait digital marketing. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman petani aren mengenai pentingnya pengemasan produk yang menarik serta strategi pemasaran digital. Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh Desa Karang Bayan memiliki potensi yang tinggi dalam pengembangan komoditas aren.
Referensi
Aliyyah, R. R. et al. (2018). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 355–371.
Aliyyah, R. R., Fauziah, R., & Asiyah, N. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat Increased Love for the Environment and Empowerment of Rural Communities Through Community Service Programs. 46–60.
Aliyyah, R. R. et al. (2021). KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 663-676
Lumbanraja, P. C., Lumbanraja, P. L. (2023). Analisis Variabel Ekonomi Hijau (Green Economy Variable) Terhadap Pendapatan Indonesia (Tahun 2011-2020) dengan Metode SEM-PLS. Cendekia Niaga : Journal of Trade Development and Studies, 7(1), 62-73.
Kasztelan, Armand. (2017). Green Growth, Green Economy and Sustainable Development: Terminological and Relational Discourse. Prague Economic Papers. 26. 487-499.
Rasyida Razaq, Mia & Program, Razaq & Pancasila, Studi & Kewarganegaraan, Dan. (2023). KONSEP GREEN ECONOMY DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA.
Putri, A. M. S. (2020). JURNAL GEOGRAFI POTENSI WILAYAH BEBERAPA DAERAH DI INDONESIA DAN CARA MENGEMBANGKAN POTENSI WILAYAH AGAR BERMANFAAT BAGI WARGA SEKITAR. Jurnal Wilayah dan Lingkungan.
Erni, Jaya, F. (2022). Efektifitas Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Dalam Rangka Kemudahan Berusaha. Jurnal Wajah Hukum, 6(2), 248-257.
Basri, S., Radiah, Anta, M. (2022). PEMBERDAYAAN PETANI AREN DI DESA TOMPOBULU KECAMATAN TOMPOBULU DALAM PEMBUATAN GULA MERAH MENJADI KOMODITAS USAHA DI ERA DIGITAL. Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(1), 1-9.
Parawansyah, K. I. et al. (2024). INOVASI PEMBUATAN ABON CUMI UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK KREATIF DAN UMKM DI DESA KERUAK. Jurnal Wicara Desa, 2(6), 506-511.