PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DI DESA BARABALI, KEC. BATUKLIANG, KAB. LOMBOK TENGAH

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/wicara.v3i2.6769

Kata Kunci:

Digital Marketing, Pelatihan, Pendapatan Petani, Desa Barabali

Abstrak

Workshop pelatihan dan pendampingan digital marketing merupakan salah satu kontribusi mahasiswa KKN dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Barabali. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar serta keterampilan praktis dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk pertanian para petani di desa tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi. Mahasiswa KKN aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan workshop serta memberikan bimbingan tentang digital marketing kepada petani. Seiring dengan perkembangan teknologi, pemasaran digital menjadi peluang signifikan bagi petani untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan nilai jual produk mereka. Penggunaan platform digital, seperti media sosial, terbukti efektif dalam memperluas pemasaran produk pertanian. Dengan demikian, pelatihan digital marketing menjadi strategi yang relevan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di era digital.

Referensi

Ahmad, M., Perdana, F. R., Utami, K. S., & Harjanta, S. L. (2019). Pengolahan kopi bubuk dan pemasaran berbasis digital marketing dalam meningkatkan daya saing hilirisasi kopi di Kawasan Lereng Menoreh. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 38-46. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3074

Akrimi, Y., & Khemakem, R. (2012). What drives customers to spread the word in social media. Journal of Marketing Research and Case Studies.

Dipayanti, K., Rosa, L., dan Yuga, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Pada Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian di Desa Cihambulu Pabuaran Subang Jawa Barat. Idea Abdimas Jurnal. 1(1), 44- 52.

Fariana, R., Fauziyah, Purwanto, T., & Adi, B. (2020). Pelatihan pembukuan sederhana untuk meningkatkan kinerja keuangan pelaku usaha di Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37-44. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.1.37-44.2339

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.

Hollebeek, L. D., & Macky, K. (2019). Digital content marketing’s role in fostering consumer engagement, trust, and value: Framework, fundamental propositions, and implications. Journal of Interactive Marketing, 45, 27-41. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2018.07.003

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi digital marketing dalam perdagangan hasil tani untuk meningkatkan pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70-75. Fariana, R.,

Mustika, (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165-171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Permatasari, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91-99.

Rebecca. (2016). 10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis.

Rizal, F., Prayoga, D. H., Amalia, D. I., Rosanti, D. A., Anggrahini, E. N., & Andini, E. M. W. (2022). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk pertanian kelompok tani wanita permata indah desa selur. Abdimas Indonesian Journal, 2(2), 115-130.

Sari, R. A., & Subhan, Z. (2018). Metode Pengabdian Masyarakat: Pendekatan Praktis untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 12-20.

Setiyaningsih, L. A. (2017). Pelatihan handycraft talenan vintage dan cyber promotion untuk ibu rumah tangga berpenghasilan rendah Kelurahan Kasin Kota Malang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 1(1), 44-46. https://doi.org/10.26905/abdimas.v1i1.1174

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278.

Utami, D. P. (2020, October). Pengenalan digital marketing dalam pemasaran produk pertanian untuk petani milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. In Prosiding Seminar Nasional Pertanian (Vol. 1, No. 1, pp. 25-32).

Widiawati, A. M., Pratiwi, A. A., & Bimandra, G. (2019). Pelatihan digital marketing strategy untuk mencapai kemandirian masyarakat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 147-157. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2676

Williams, D. L., Crittenden, V. L., Keo, T., & McCarty, P. (2012). The use of social media: An exploratory study of uses among digital natives. Journal of Public Affairs, 12(2), 127-136.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-27

Cara Mengutip

PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DI DESA BARABALI, KEC. BATUKLIANG, KAB. LOMBOK TENGAH. (2025). Jurnal Wicara, 3(2), 191-200. https://doi.org/10.29303/wicara.v3i2.6769