PENGEMBANGAN INOVASI KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK UMKM DI DESA TEROS

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/wicara.v3i1.6724

Kata Kunci:

Inovasi Kemasan, label, Branding

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat.UMKM merupakan sektor yang cukup penting dalam memerankan dalam berbagai kepentingan ekonomi secara riil dalam pembangunan nasional, terutama bagi penciptaan usaha dan lapangan pekerjaan baru.Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM di Desa Teros,Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur melalui optimalisasi inovasi kemasan .Metode yang digunakan terdiri dari tiga tahap:perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi/ Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penyuluhan dan pendampingan langsung terhadap UMKM berpengaruh dalam membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan inovasi kemasan. Pendampingan dilakukan dengan pendampingan pembuatan label  branding. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pendampingan langsung, lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran pelaku UMKM untuk mengadopsi inovasi kemasan..

Referensi

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. 2021. Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732 diakses 4 Februari 2025

Arif Ardiyanto,2018. Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali.IAIN Surakarta Eprints

Astuti M, Agni R izkita Amanda R A. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia., https://survei.apjii.or.id, diakses 1 Februari 2025

Buchari, R. A., & Nurcahya, E. 2021. Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon. Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial Desa dan Masyarakat Vol 2 No. 1 , Article .1 https://doi.org/10.24198/sawala.v2i1.3023 1 di akses 2 Februari 2025

Framita, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. 2020. Branding Produk UMKM Pempek Gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177. https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252 diakses pada 10 Februari 2025

Irawan, D., & Affan, M. W. 2020. Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.1118 8 di akses 2 Februari 2025

Mamun Sutisa & Ira Siti Harah.2021.Analisis Keputusan Pembelian BTS Meal: Tinjauan Pemilihan Produk, Merek, Penyalur, Kuantitas Pembelian,Waktu Pembelian, dan Metode Pembayaran Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), Article 1.https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i1.992 di akses 2 Februari 2025

Nugraha, I., Winursito, Y. C., & Dewi, S. 2022. Pelatihan dan Pemanfaatan Strategi Penjualan Secara Digital di Masa Pandemi untuk Produk Ubi Jalar di Desa Kembangbelor Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. ABIYASA, 2(1), 68–73.

Pitriyani, P., & Kasmi, K. 2017. Pengembangan Aplikasi E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Umkm Di Kabupaten Pringsewu. Prociding KMSI, 5(1), Article 1. https://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php /kmsi/article/view/453 di akses 2 Februari 2025

Rahmawati , R., & Nugraha, I. 2022. Pelatihan Desain dan Proses Pengemasan Produk Olahan Daun Kelor di Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur. Abdi-Mesin: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(1), 36–45.

Suhaeni, T. 2018. Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri

Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., Meirizha, S. N., & Yul, F. A. 2017. Pelatihan Desain Kemasan Produk Umkm Di Kecamatan Tambang,Vol 1 No.2 https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.225 di akses 10 Februari 2025

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-27

Cara Mengutip

PENGEMBANGAN INOVASI KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK UMKM DI DESA TEROS. (2025). Jurnal Wicara, 3(1), 117-125. https://doi.org/10.29303/wicara.v3i1.6724