PELATIHAN DIGITAL MARKETING MELALUI PEMBUATAN KONTEN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI WISATA DI DESA SUELA
DOI:
https://doi.org/10.29303/wicara.v3i2.6722Kata Kunci:
Media Digiital, Ekowisata, Pelatihan Pembuatan Konten MenarikAbstrak
Media digital saat ini dimanfaatkan sebagai tempat promosi wisata, meningkatkan populitas sebuah wisata agar semakin dikenal halayak ramai, oleh karena itu tujuan pelatihan pembuatan konten menarik dengan memanfaatkan media digital merupakan hal krusial yang dilakukan di Desa Suela sebagai bentuk menunjang ecotourism promotion yang berkelanjutan.. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan persuasif edukatif dengan metode ceramah, diskusi, dan praktik. Dalam hal ini, sosialisasi dipilih sebagai sarana penyampaian informasi kepada audiens. Hasil kegiatan ini berupa video yang berisi konten wisata yang terfokus pada materi pelatihan media digital yang objek wisatanya adalah Waduk Kembar. Dengan dihadiri 20 lebih audien, yang keseluruhannya merupakan pemuda dan Karang Taruna Lemor Jaya Desa Suela. Kesimpulan dari pelatihan ini adalah dapat meningkatkan pemahaman terkait media digital dan pelatihan cara membuat konten yang menarik wisatawan sebagai penunjang desa ekowisata yang berkelanjutan.
Referensi
Abdi, J. K., & Purnomo, N. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing.
Fathurrozi, A., Pamungkas, R. W. P., Kristyawan, P., & Tjahyoko, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing di Wilayah Kecamatan Cimacan Kabupaten Cianjur Jawa Barat untuk Mewujudkan Desa Wisata Digital. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(02), 9-15.
Fatmawati, I., & Sulistyo, A. (2022). Peningkatan Daya Saing Objek Wisata Berbasis Masyarakat melalui Strategi Digital Marketing. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 383. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.12400
Hanifah, H. S. (2021). Peran Digital Marketing Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Garut: Store Atmosfer Variabel Moderating. Jurnal Algoritma, 18(2), 424-432.
Pratama, I. W. A. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Pemasaran Desa Wisata di Kepulauan Wakatobi. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(1), 27-32.
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.
Riana, A., Ameliany, N., & Iryani, L. (2024). Analisis strategi pengembangan digital marketing sebagai promosi pariwisata di pulau banyak kabupaten aceh singkil. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(04), 1157-1164.
Saputra, I. P. D. A. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Mempromosikan Destinasi Pariwisata. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 345-353.
Sari, P. N. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS POTENSI LOKAL DAERAH PADA ANGGOTA KARANG TARUNA DESA WANGEN KABUPATEN KLATEN. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1940-1947.
Sitanggang, A. S., Yusuf, D. S., Aridho, M. A., Wijaya, P. S., & Nurhidayat, Y. (2022). Penggunaan E-Tourism Sebagai Strategi Mempromosikan Pariwisata di Majalengka: E-tourism. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 4(2), 52-60.
Sj, N. A., Fadilah, E., & Basith, A. A. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI PARIWISATA DAN POTENSI KEARIFAN LOKAL DI PANTAI SAYANG HEUALANG KAB. GARUT. http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-
Syaifudin, R. (2021). Pengembangan Digital Marketing Melalui Media Sosial; Kampung Wisata Pipitan, Kota Serang. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 165-171.
Tazri, M., Rahmawati, N., & Rahman, M. A. (2021). Pengelolaan Objek Wisata Desa Buluh Cina Untuk Meningkatkan Perekonomian Melalui Digital Marketing. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 149-154.
Yanti, D. (2020). Pengaruh digital marketing terhadap peningkatan kunjungan wisata di Danau Toba. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 16-26.
Zulaikha, T. S. A., Fauzan, S., Khadijah, T. A. Z., & Fahmisyah, W. (2021). Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 168-174.