OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UMKM SATE BULAYAK DI DESA LEMBUAK KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.29303/wicara.v2i1.4090Kata Kunci:
Desa Lembuak, Potensi desa, Sate BulayakAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, kelompok mahasiswa dan dosen Universitas Mataram melaksanakan berbagai kegiatan dengan sasaran utama pada pemetaan dan pengembangan potensi desa. Tujuan pelaksanaan KKN ini yaitu untuk membantu masyarakat dalam hal meningkatkan pendapatan pada UMKM sate bulayak di Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Terdapat beberapa metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembuatan website desa dan inovasi pengemasan pada produk sate bulayak. Hasil dari adanya kegiatan ini adalah tersedianya web yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM Desa Lembuak untuk memasarkan sate bulayak dan adanya inovasi dalam hal pengemasan sate bulayak agar dapat dipasarkan hingga ke luar daerah. Selain itu, kelompok KKN juga terlibat dalam berbagai kegiatan lain yaitu posyandu, belajar mengajar di PAUD, dan gotong royong. Hasil kegiatan di atas menunjukkan bahwa kegiatan KKN ini telah mampu menjawab beberapa masalah yang ada di Desa Lembuak terkait peningkatan pendapatan pada UMKM sate bulayak di Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.