PENGEMBANGAN INOVASI KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK UMKM DI DESA TEROS
DOI:
https://doi.org/10.29303/wicara.v3i1.6724Kata Kunci:
Inovasi Kemasan, label, BrandingAbstrak
Kuliah Kerja Nyata merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat.UMKM merupakan sektor yang cukup penting dalam memerankan dalam berbagai kepentingan ekonomi secara riil dalam pembangunan nasional, terutama bagi penciptaan usaha dan lapangan pekerjaan baru.Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM di Desa Teros,Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur melalui optimalisasi inovasi kemasan .Metode yang digunakan terdiri dari tiga tahap:perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi/ Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penyuluhan dan pendampingan langsung terhadap UMKM berpengaruh dalam membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan inovasi kemasan. Pendampingan dilakukan dengan pendampingan pembuatan label branding. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pendampingan langsung, lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran pelaku UMKM untuk mengadopsi inovasi kemasan..
Referensi
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. 2021. Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732 diakses 4 Februari 2025
Arif Ardiyanto,2018. Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali.IAIN Surakarta Eprints
Astuti M, Agni R izkita Amanda R A. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia., https://survei.apjii.or.id, diakses 1 Februari 2025
Buchari, R. A., & Nurcahya, E. 2021. Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon. Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial Desa dan Masyarakat Vol 2 No. 1 , Article .1 https://doi.org/10.24198/sawala.v2i1.3023 1 di akses 2 Februari 2025
Framita, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. 2020. Branding Produk UMKM Pempek Gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177. https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252 diakses pada 10 Februari 2025
Irawan, D., & Affan, M. W. 2020. Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.1118 8 di akses 2 Februari 2025
Mamun Sutisa & Ira Siti Harah.2021.Analisis Keputusan Pembelian BTS Meal: Tinjauan Pemilihan Produk, Merek, Penyalur, Kuantitas Pembelian,Waktu Pembelian, dan Metode Pembayaran Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), Article 1.https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i1.992 di akses 2 Februari 2025
Nugraha, I., Winursito, Y. C., & Dewi, S. 2022. Pelatihan dan Pemanfaatan Strategi Penjualan Secara Digital di Masa Pandemi untuk Produk Ubi Jalar di Desa Kembangbelor Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. ABIYASA, 2(1), 68–73.
Pitriyani, P., & Kasmi, K. 2017. Pengembangan Aplikasi E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Umkm Di Kabupaten Pringsewu. Prociding KMSI, 5(1), Article 1. https://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php /kmsi/article/view/453 di akses 2 Februari 2025
Rahmawati , R., & Nugraha, I. 2022. Pelatihan Desain dan Proses Pengemasan Produk Olahan Daun Kelor di Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur. Abdi-Mesin: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(1), 36–45.
Suhaeni, T. 2018. Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri
Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., Meirizha, S. N., & Yul, F. A. 2017. Pelatihan Desain Kemasan Produk Umkm Di Kecamatan Tambang,Vol 1 No.2 https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.225 di akses 10 Februari 2025