SOSIALISASI PENGEMBANGAN MANAJERIAL KELOMPOK UMKM DAN PEMASARAN PRODUK

Penulis

  • Rizki Hariyadi Hariyadi Universitas Mataram image/svg+xml
  • Jufrin Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Mataram , Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Mataram
  • Sulistia Ilma Yulita Program Studi Biologi Universitas Mataram , Program Studi Biologi Universitas Mataram
  • Supiati Program Studi Biologi Universitas Mataram , Program Studi Biologi Universitas Mataram
  • Muhajirin Program Studi Matematika Universitas Mataram , Program Studi Matematika Universitas Mataram
  • Muhammad Ilham Mujahidin Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Mega Cahyani Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Siskawati Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Mataram , Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Mataram
  • M. Aryabin Adzqia Rakien Universitas Mataram Pendidikan Sosiologi Universitas Mataram , Universitas Mataram Pendidikan Sosiologi Universitas Mataram
  • Dia’ul Adha Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram , Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/wicara.v2i3.4203

Kata Kunci:

UMKM, Desa Labuhan Pandan, NIB, SPP-IRT

Abstrak

Dalam era globalisasi saat ini UMKM harus meningkatan kecepatan dalam berpikir terkait kreativitas dan inovasi secara berkelanjutan. Proses ini mencakup pengembangan, promosi, dan produktif produk secara terus-menerus. Sosialisasi mengenai manajerial produk dan pemasaran produk UMKM menjadi sangat penting dalam menggerakkan pertumbuhan bisnis mereka. Manajerial penting bagi pemilik UMKM agar mereka memahami dengan baik cara mengelola bisnis mereka. Sosialisasi ini sendiri memiliki peran selain dalam peningkatan manajerial juga bertujuan untuk meningkatkan dan memeberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya di era modern saat ini. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 23 Januari 2024 yang diadakan di Aula Kantor Desa Labuhan Pandan, Sambelia, Lombok Timur. Program KKN PMD di Desa Labuhan Pandan berlangsung mulai pada bulan Desember 2023 – Februari 2024. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman dan pembelajaran baru bagi para pelaku UMKM di Desa Labuhan Pandan. Sosialisasi atau penyuluhan terkait UMKM ini kami laksanakan pada tanggal 23 Januari 2024 di Aula Kantor Desa Labuhan Pandan. Kegiatan ini turut mengundang para pelaku UMKM dengan membawa produk-produk hasil olahan dari masing-masing kelompok. Selain itu diberikan pemahaman terkait penting untuk memilikin label halal terhadap suatu produk. Sehingga diberikan pemaham bahwasanya penting dalam pembuatan NIB dan SPP-IRT untuk menjadi salah satu persyaratan dari BPOM untuk menerima label halal.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-11

Cara Mengutip

SOSIALISASI PENGEMBANGAN MANAJERIAL KELOMPOK UMKM DAN PEMASARAN PRODUK. (2024). Jurnal Wicara, 2(3), 18-25. https://doi.org/10.29303/wicara.v2i3.4203