Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Menulis Siswa Pada Materi Teks Prosedur Kelas VI SD Negeri 138429 Tanjung Balai

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.7196

Kata Kunci:

video pembelajaran; hasil menulis; teks prosedur; siswa sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa pada materi teks prosedur di SD Negeri 138429 Tanjungbalai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil menulis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan 13 siswa kelas VI sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tulis sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji-t berpasangan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 58,69 (pretest) menjadi 73,23 (posttest), dengan nilai signifikansi p < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa video pembelajaran memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa. Oleh karena itu, media video dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran menulis teks prosedur di tingkat sekolah dasar.

 

Referensi

Aulia, H. (2008). Pendidikan dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.

Widyaningrum, E., dkk. (2018). Media Video Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra, 6(2), 100–110.

Apriansyah, A., Fadillah, R., & Suraya, R. (2020). Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 45–56.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Busyaeri, U., Udin, T., & Zaenudin, A. (2021). Efektivitas Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 99–110.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2008). Panduan Penggunaan Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dwyer, F. M. (1978). Strategies for Improving Visual Learning. State College: Learning Services.

Hadi, S. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi, 15(2), 66–74.

Hardiyanti, N., & Wahyu, R. (2017). Analisis Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 20–28.

Intiana, T. (2014). Teks Prosedur dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 85–92.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Kristiani, A., Sriasih, W., & Astika, G. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 55–63.

Mahsun. (2014). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Putri, D. R. (2019). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 45–53.

Rosyid, A., dkk. (2019). Efektivitas Media dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1–10.

Rusmini. (2018). Kesulitan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia, 6(1), 30–40.

Sari, N., & Nuraidah, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(2), 75–82.

Sukiman. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Wahab, A., dkk. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Diterbitkan

2025-08-02

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Menulis Siswa Pada Materi Teks Prosedur Kelas VI SD Negeri 138429 Tanjung Balai. (2025). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 503-509. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.7196

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama