Analisis Tindak Tutur Representatif Dalam Saluran Youtube Mata Najwa Women In Power
DOI:
https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5246Kata Kunci:
Mata Najwa, Representatif, Tindak TuturAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan maksud tuturan tindak tutur representatif dalam saluran YouTube Mata Najwa episode “Women In Powerâ€. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu metode simak dan metode deskriptif. Data yang diambil dari penelitian ini berasal dari bentuk tuturan kedua tokoh yang ada dalam saluran YouTube Mata Najwa tersebut. Sumber data pada penelitian ini adalah video YouTube dalam saluran Mata Najwa yang berfokus pada studi kasus Retno Marsudi dan Sri Mulyani. Teknik yang digunakan oleh peneliti adalah teknik simak catat, yang merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mencatat informasi yang relevan dari hasil penyimakan video. Hasil penelitian ini menemukan berbagai bentuk tindak tutur representatif, yaitu menyatakan, menuntut, mengakui, melaporkan, menunjukkan, menyebutkan, memberi kesaksian, dan berspekulasi. Data yang diperoleh menunjukkan adanya 11 tindak tutur menyatakan, 3 tindak tutur menuntut, 9 tindak tutur mengakui, 3 tindak tutur melaporkan, 3 tindak tutur menunjukkan, 1 tindak tutur menyebutkan, 5 tindak tutur memberi kesaksian, dan 3 tindak tutur berspekulasi. Di antara berbagai jenis tindak tutur tersebut, tindak tutur menyatakan paling mendominasi dengan 11 data, dimana 7 di antaranya dilakukan oleh Sri Mulyani. Selain itu, tindak tutur mengakui juga cukup dominan dengan 9 data, dimana 5 di antaranya dilakukan oleh Retno Marsudi. Hal ini menunjukkan bahwa dalam konteks diskusi yang terjadi dalam video tersebut, Sri Mulyani memiliki gaya kepemimpinan yang lebih proaktif dan tegas, sedangkan Retno Marsudi memiliki gaya kepemimpinan yang kooperatif dan mendukung.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Putri Salsabila, Diya Ika Purwanti, Aisyah Fitri Nur Pangestuti, Siti Maisun Rofifah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).