Campur Kode dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v3i2.2706

Kata Kunci:

campur kode, karangan deskripsi, sosiolinguistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2020/2021, (2) untuk mendeskripsikan jenis campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021, dan (3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya campur kode pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan simak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk lingual campur kode yang digunakan oleh siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari yaitu: campur kode kata, campur kode frasa, dan campur kode klausa, (2) jenis campur kode yang ditemukan yaitu: campur kode ke dalam dan campur kode ke luar, dan (3) faktor penyebab terjadinya campur kode yaitu karena latar belakang sosial, pengetahuan tentang kosa kata yang kurang, kurangnya penguasaan bahasa Indonesia, dan pembelajaran dan kegiatan siswa di sekolah dan di asrama.

Diterbitkan

2021-10-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Campur Kode dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari. (2021). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 3(2), 48-57. https://doi.org/10.29303/kopula.v3i2.2706

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama