Nilai-Nilai Pendidikan Cerita Rakyat Lelampak Lendong Kao dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA

Penulis

  • fitri fitri
  • Johan Mahyudi
  • Murahim

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v2i2.2658

Kata Kunci:

nilai pendidikan, cerita rakyat, pembelajaran sastra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Lelampak Lendong Kao dan relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Objek yang akan diteliti yaitu buku cerita rakyat Lelampak Lendong Kao. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari lima tahap yang meliputi: pengumpulan data, penyajian data, klasifikasi data, analisis data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: nilai dari asas kodrat alam (bersyukur, dan berdoa kepada Tuhan), nilai dari asas kemerdekaan (menolak kekerasan), nilai dari asas kebudayaan (gemar bergotong royong dan ramah tamah), nilai dari asas kebangsaan (menjaga perdamaian dan menjalin persahabatan), nilai dari asas kemanusiaan (sabar, pantang menyerah, dan saling menyayangi) dan relevansi nilai-nilai pendidikan tersebut dengan pembelajaran sastra di SMA terdapat pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X semester I pada kompetensi dasar 3.7 mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat baik lisan maupun tulis, dan 4.7 menceritakan kembali isi cerita rakyat yang didengar maupun dibaca

Diterbitkan

2020-10-22

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Nilai-Nilai Pendidikan Cerita Rakyat Lelampak Lendong Kao dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. (2020). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 2(2), 1-12. https://doi.org/10.29303/kopula.v2i2.2658

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama