PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF MEMBACA DAN MENULIS TERPADU (CIRC) PADA SISWA KELAS VIID SMPN 2 MATARAM 2008/2009
DOI:
https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2564Kata Kunci:
menulis, karangan narasi, pendekatan kooperatif, teknik CIRCAbstrak
enelitian ini bertujuan menjelaskan aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan menulis
karangan narasi siswa Kelas VII D SMPN 2 Mataram melalui pendekatan kooperatif teknik CIRC,
termasuk aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
karena dalam penelitian ini data hasil penelitian dideskripsikan berupa kata-kata. Penelitian ini
menggunakan rancangan PTK, karena bertujuan memperbaiki dan meningkatkan layanan
pembelajaran siswa dengan mengikuti empat tahapan, yaitu perencanaan, implementasi dan observasi,
refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian lembar observasi aktivitas
siswa, aktivitas guru, tes hasil belajar siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk
menghitung lembar observasi adalah rumus presentase jenis aktivitas guru dan aktivitas siswa. Tes
hasil belajar siswa diolah dengan menggunakan mean (nilai rata-rata) dan indeks keberhasilan siswa.
Hasil pelaksanaan tindakan, dilakukan dalam dua siklus dengan hasil sebagai berikut. Aktivitas guru
mengalami penigkatan mulai dari prapembelajaran, kegiatan inti pembelajaran strategi dan metode
pembelajaran, pemenfaatan media pembelajaran, penilaian proses dan hasil belajar, penggunaan
bahasa, penutup. Aktivitas siswa mengalami peningkatan mulai dari memperhatikan penjelasan dari
guru, berdiskusi antara siswa mengenai tugas materi, menyajikan hasil diskusi, memberikan
kesempatan orang lain berbicara, mempraktikkan pendekatan kooperatif teknik CIRC, pendalaman
siswa terhadap materi menulis karangan narasi, Tanya-jawab antara guru dengan siswa (aktivitas yang
diamati adalah aktivitas bertanya, berpendapat dan mengerjakan tugas), merefleksikan materi
pelajaran. Adapun hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan
tersebut dapat dilihat dari skor siswa mulai dari siklus 1 sampai siklus 2. Adapun mean (nilai rata-
rata) skor siklus I adalah 63,32, siklus II mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya menjadi
76,53. Indeks keberhasilan siswa pada siklus 1: 26,32 % dan siklus 2 78,95%
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).