PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF MEMBACA DAN MENULIS TERPADU (CIRC) PADA SISWA KELAS VIID SMPN 2 MATARAM 2008/2009

Penulis

  • Sutarno Sutarno
  • Syamsinas Syamsinas
  • Siti Rohana Hariana

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2564

Kata Kunci:

menulis, karangan narasi, pendekatan kooperatif, teknik CIRC

Abstrak

enelitian ini bertujuan menjelaskan aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan menulis
karangan narasi siswa Kelas VII D SMPN 2 Mataram melalui pendekatan kooperatif teknik CIRC,
termasuk aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
karena dalam penelitian ini data hasil penelitian dideskripsikan berupa kata-kata. Penelitian ini
menggunakan rancangan PTK, karena bertujuan memperbaiki dan meningkatkan layanan
pembelajaran siswa dengan mengikuti empat tahapan, yaitu perencanaan, implementasi dan observasi,
refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian lembar observasi aktivitas
siswa, aktivitas guru, tes hasil belajar siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk
menghitung lembar observasi adalah rumus presentase jenis aktivitas guru dan aktivitas siswa. Tes
hasil belajar siswa diolah dengan menggunakan mean (nilai rata-rata) dan indeks keberhasilan siswa.
Hasil pelaksanaan tindakan, dilakukan dalam dua siklus dengan hasil sebagai berikut. Aktivitas guru
mengalami penigkatan mulai dari prapembelajaran, kegiatan inti pembelajaran strategi dan metode
pembelajaran, pemenfaatan media pembelajaran, penilaian proses dan hasil belajar, penggunaan
bahasa, penutup. Aktivitas siswa mengalami peningkatan mulai dari memperhatikan penjelasan dari
guru, berdiskusi antara siswa mengenai tugas materi, menyajikan hasil diskusi, memberikan
kesempatan orang lain berbicara, mempraktikkan pendekatan kooperatif teknik CIRC, pendalaman
siswa terhadap materi menulis karangan narasi, Tanya-jawab antara guru dengan siswa (aktivitas yang
diamati adalah aktivitas bertanya, berpendapat dan mengerjakan tugas), merefleksikan materi
pelajaran. Adapun hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan
tersebut dapat dilihat dari skor siswa mulai dari siklus 1 sampai siklus 2. Adapun mean (nilai rata-
rata) skor siklus I adalah 63,32, siklus II mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya menjadi
76,53. Indeks keberhasilan siswa pada siklus 1: 26,32 % dan siklus 2 78,95%

Diterbitkan

2019-03-28

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF MEMBACA DAN MENULIS TERPADU (CIRC) PADA SISWA KELAS VIID SMPN 2 MATARAM 2008/2009. (2019). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1), 20-30. https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2564

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama