Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Analisis Materi Pembagian Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Muhammad Abdullah Mahir Mallawi IAIN Ponorogo
  • Dwi Ulfa Nurdahlia IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v6i1.3633

Keywords:

Gaya Belajar Visual, Kemampuan Analisis, Pembagian

Abstract

Gaya belajar visual merupakan gaya belajar cenderung melihat, mengamati, dan sejenisnya. Kekuatan gaya belajar ini terletak pada indera penglihatan. Bagi orang yang memiliki gaya ini, mata adalah alat yang paling peka untuk menangkap setiap gejala atau stimulus belajar. Gaya belajar visual dimiliki oleh 15 peserta didik dari 20 peserta didik  (75% peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan). Hal ini juga berdampak terhadap kemampuan analisis peserta didik dalam materi pembagian. Dari 75% peserta didik yang memiliki gaya belajar visual peserta didik yang memiliki kemampuan analisis sangat tinggi ada 53% (8 pesesrta didik), tinggi 33% (5 peserta didik), dan rendah ada 13% (2 peserta didik). Oleh karena itu peserta didik yang memiliki gaya belajar visual madrasah menerapkan pembelajaran yang sesuai agar kemampuan analisis yang dimiliki peserta didik semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar visual terhadap kemampuan analisis materi pembagian kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengisian kuisioner, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya belajar visual tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan analisis materi pembagian peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah.

Downloads

Published

2024-03-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Analisis Materi Pembagian Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2023/2024. (2024). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(1), 70-78. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i1.3633