Campur Kode dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v3i2.2706

Keywords:

campur kode, karangan deskripsi, sosiolinguistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2020/2021, (2) untuk mendeskripsikan jenis campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021, dan (3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya campur kode pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan simak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk lingual campur kode yang digunakan oleh siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari yaitu: campur kode kata, campur kode frasa, dan campur kode klausa, (2) jenis campur kode yang ditemukan yaitu: campur kode ke dalam dan campur kode ke luar, dan (3) faktor penyebab terjadinya campur kode yaitu karena latar belakang sosial, pengetahuan tentang kosa kata yang kurang, kurangnya penguasaan bahasa Indonesia, dan pembelajaran dan kegiatan siswa di sekolah dan di asrama.

Downloads

Published

2021-10-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Campur Kode dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari. (2021). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 3(2), 48-57. https://doi.org/10.29303/kopula.v3i2.2706

Most read articles by the same author(s)