Analisis Tindak Tutur Ekspresif Video Edukasi "Kelola Sampah" pada Saluran Youtube DITJEN PSLB3 KLHK
DOI:
https://doi.org/10.29303/kopula.v3i2.2705Keywords:
pragmatik, tindak tutur, tindak tutur ekspresif, video edukasiAbstract
Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya memiliki tanggung jawab untuk merumuskan dan melaksanakan kebijakan, mengkoordinasikan kebijakan yang terkait dengan limbah, bahan berbahaya beracun, dan limbah berbahaya beracun. Dalam upaya untuk melaksanakan fungsinya yang tertuang pada pasal 24, DITJEN PSLB3 KLHK mencetuskan cara baru untuk mendidik masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang efektif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat pada masa kini yaitu dengan membuat konten berbentuk video yang terdiri atas 7 episode yang secara keseluruhan diberi judul Video Edukasi Kelola Sampah. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan tindak tutur ekspresif yang terdapat pada Video Edukasi Kelola Sampah DITJEN PSLB3 KLHK. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Mengamati dan mencatat adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk penyelidikan ini. Sumber informasi kajian ialah semua tuturan yang ada pada Video Edukasi Kelola Sampah DITJEN PSLB3 KLHK yang terdiri atas 7 episode. Riset ini diharapkan dapat mengidentifikasi tindak tutur ekspresif yang ada pada Video Edukasi Kelola Sampah. Dari data penelitian ditemukan bermacam-macam tindak tutur ekspresif yaitu antara lain tindak tutur ekspresif mengkritik, menyalahkan, mengejek, terpukau, keheranan, bertanya, dan senang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).