PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN 2016/2017

Authors

  • Yuni Fardiah a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Mataram";}
  • Sapiin Sapiin University of Mataram image/svg+xml
  • Siti Rohana Hariana University of Mataram image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2567

Keywords:

peningkatan, kemampuan, peta konsep, menulis, laporan perjalana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis laporan
siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 12 Mataram karena guru tidak menemukan metode
yang sesuai untuk mengajar siswa dalam menulis laporan perjalanan, sedangkan
siswa tidak tertarik dengan dunia tulis menulis. Penelitian ini bermaksud menjelaskan
proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas
VIII.A SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pemecahan
masalah dilakukan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode peta konsep telah berhasil
meningkatkan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A. Pada
siklus I aktivitas pembelajaran guru mencapai 89% meningkat menjadi 100% pada
siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 59% dan perolehan hasil
belajar rata-rata siswa mencapai 71 dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus II
aktifitas belajar mengalami peningkatan menjadi 92% dan perolehan hasil belajar
rata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar 94%.

Downloads

Published

2019-03-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN 2016/2017. (2019). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1), 55-60. https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2567

Most read articles by the same author(s)