ANALISIS PENYIMPANGAN KEKUASAAN DAN AGAMA DALAM NOVEL PRINCESS: KISAH TRAGIS PUTRI KERAJAAN ARAB SAUDI KARYA JEAN P. SASSON: PERSPEKTIF EMILE DURKHEIM

Penulis

  • Wasilatul Jannah a:1:{s:5:"en_US";s:19:"UNIVERSITAS MATARAM";}
  • M. Natsir Abdullah
  • Syahrul Qodri

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v1i2.2557

Kata Kunci:

penyimpangan, kekuasaan, agama, novel, perspektif Emile Durkheim

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyimpangan kekuasaan
dan agama yang terdapat di dalam novel Princess: Kisah Tragis Putri Kerajaan
Arab Saudi karya Jean P. Sasson berdasarkan perspektif Emile Durkheim. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik catat.
Analisis data menggunakan metode desktriptif analitik dan teknik analisis isi.
Data disajikan secara deskriptif dengan metode informal. Berdasarkan hasil
analisis peneliti tentang novel Princess: Kisah Tragis Putri Kerajaan Arab Saudi
karya Jean P. Sasson Perspektif Emile Durkheim, disimpulkan bahwa Arab Saudi
merupakan tipe masyarakat solidaritas mekanis. Pandangan Durkheim terhadap
ancaman yang muncul di dalam tipe solidaritas mekanis berupa perpecahan
kelompok kecil. Di dalam kondisi masyarakat tersebut, terdapat penyimpangan
kekuasaan dan agama. Penyimpangan ini terjadi dalam bentuk legitimasi
kekuasaan dan dominasi laki-laki terhadap perempuan, serta efeknya
memunculkan kemarahan kolektif yang pada akhirnya memunculkan tindakan
abnormal atau anomi yang salah satunya bunuh diri fatalistis. Penyimpangan
kekuasaan membuktikan bahwa kekuasaan dimanfaatkan sebagai senjata untuk
meruntuhkan hukum, tradisi, atau aturan primitif dalam negara yang
mengagungkan nilai Islam. Begitu pun sebaliknya dengan agama, menurut
Durkheim dianggap sebagai institusi penting yang menopang integrasi sosial,
dimanfaatkan untuk menundukkan pihak lain

Diterbitkan

2019-10-28

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS PENYIMPANGAN KEKUASAAN DAN AGAMA DALAM NOVEL PRINCESS: KISAH TRAGIS PUTRI KERAJAAN ARAB SAUDI KARYA JEAN P. SASSON: PERSPEKTIF EMILE DURKHEIM. (2019). Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 1(2), 104-113. https://doi.org/10.29303/kopula.v1i2.2557

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama