PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR CONSUMER GOODS NON-CYCLICAL DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2019-2023

Authors

  • Reni Selfiani University of Mataram image/svg+xml
  • I Nyoman Nugraha A.P Universitas Mataram

Keywords:

Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), Sales Groth, Nilai Perusahaan, Consumer Goods Non-Cyclical

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur modal menggunakan proksi Debtto Equity Ratio (DER), Kebijakan Dividen menggunakan proksi Dividend Payout Ratio (DPR), dan Sales Growth terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan pada Sektor Consumer Goods Non-Cyclical di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019- 2023. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu sehingga diperoleh sampel sebanyak 18 (delapan belas) perusahaan dengan 5 (lima) tahun pengamatan. Penelitian ini menggunakan data yang bersifat kuantitatif yang diukur menggunakan teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio dan Dividend Payout Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Sales Growth berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2025-10-09