Strategi Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Inggris Menggunakan Visual Literacy pada Pembelajaran Reading
Strategies for Developing the Teaching Skills of English Teachers through Visual Literacy in Reading Instruction
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8126Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Guru, Literasi Visual, Membaca, MengajarAbstrak
Gambar dapat menjadi alat yang berguna untuk pengembangan bahasa, karena pembelajar mengeksplorasi bahasa dari pengetahuan dan pengalaman mereka sendiri dan dapat membantu pembelajar mengembangkan strategi untuk menyusun pengetahuan mereka ke dalam kelompok asosiatif atau semantik Selain itu, gambar dapat mempunyai peranan penting dalam mendukung efektivitas bahan ajar dan lazim dimasukkan ke dalam bahan ajar pengajaran bahasa Inggris. Dikarenakan pentingnya peranan gambar dalam media ajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa khususnya bahasa Inggris, maka kegiatan pengabdian ini berfokus pada strategi meningkatkan kemampuan membaca yang terkait dengan penggunaan gambar dalam pembelajaran bahasa Inggris dan bagaimana para pendidik dapat memanfaatkan elemen visual untuk memperkaya metodologi pengajaran mereka. Kegiatan ini akan memberikan pelatihan tentang Visual Literacy kepada guru Bahasa Inggris sehingga ketika menjadi guru bisa mengimplementasikan bahan ajar yang menarik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar khususnya pembelajaran membaca (reading). Adapun kontribusi kegiatan ini adalah untuk memberikan strategi peningkatan kemampuan mengajar membaca dalam matapelajaran Bahasa Inggris menggunakan pemahaman Visual Literacy.




